Berita PMI

Agenda PMI
Agenda Kegiatan PMI Kota Yogyakarta

 

PMI Kota Yogyakarta Kawal Kirab Ageng Paku Alam

PMI Kota Yogyakarta Kawal Kirab Ageng Paku Alam

Kanjeng Bendara Pangeran Haryo (KBPH) Prabu Suryodilogo dilantik menjadi Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya Mangkunegara (KGPAA) Paku Alam X pada Kamis (7/1) di Puro Pakualaman Yogyakarta. Dalam acara ini, PMI Kota Yogyakarta bertugas menjadi tim medis selama jalannya acara Kirab Ageng Paku Alam X.

Tugas diawali dengan Apel Siaga untuk mendengarkan instruksi dari Inspektur Apel, kemudian dilanjutkan dengan pembagian POS oleh koordinator, Yuliko Pambudi. Ada tujuh titik pos PMI Kota Yogyakarta yang dibuat di sepanjang rute kirab, yakni di Puro Pakualaman, Permata, Jl. Hayam Wuruk, perempatan Gayam, di area Mandala Krida, GOR Amongrogo, dan di area Jl. Kusumanegara.

Sementara itu, PMI Kota Yogyakarta sendiri menerjunkan lebih dari seratus lima puluh personel relawan untuk mengawal jalannya Kirab Ageng ini. Relawan ini berasal dari Korp Sukarelawan (KSR), Tenaga Sukarelawan (TSR), dan juga PMI dari kecamatan.

Selain bertugas pada tujuh pos yang telah dikoordinir masing – masing koordinator pos, ada juga satu tim yang dikerahkan untuk mengawal jalannya Kirab Ageng. Tim ini berada di belakang Kereta Kencana Manik Brojo.

Dengan adanya tim kesehatan dari PMI Kota Yogyakarta, diharapkan dapat mengakomodir peserta Kirab Ageng yang mengalami keluhan kesehatan. Cuaca panas di bawah terik matahari tidak menyurutkan niat relawan PMI Kota Yogyakarta dalam rangka mangayubagya Kirab Ageng Paku Alam X ini. Seolah bersahabat dengan berbagai cuaca, mereka justru sangat antusias dapat terlibat dalam acara yang sangat bersejarah ini. Dedy, salah seorang relawan mengatakan bangga dan senang dapat terlibat dalam acara yang dimulai pukul 14.00 ini. “saya sangat senang karena dipercaya untuk dapat terlibat dalam acara Kirab Ageng ini.”, katanya.

 

Sementara itu, Pambudi selaku koordinator tim medis dari PMI Kota Yogyakarta berpesan agar tim relawan dapat bertugas dengan baik dan menaati aturan – aturan Kirab Ageng ini agar semua berjalan dengan baik, tanpa ada halangan apapun. “Saya harap, seluruh relawan mampu bertugas dengan baik dan menaati aturan – aturan yang telah disampaikan oleh panitia agar semua berjalan dengan lancar tanpa ada halangan suatu apapun.”, tuturnya.(Humas PMI Kota Yogyakarta/Titis)